Diklat Promosi Penanaman Modal
Diklat Promosi Penanaman Modal

Lama Diklat : 3 Hari

Tempat Pelaksanaan Diklat : di beberapa daerah di Indonesia

 

Kurikulum :

Diklat dilaksanakan secara bekerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi dalam bidang promosi dan marketing dengan menyajikan bahan-bahan terkait marketing dan promosi secara umum dengan berbagai pendekatan sehingga dapat diaplikasikan dalam rangka marketing promosi investasi di daerah (provinsi dan kabupaten/kota)

 

Upaya membangun citra positif merupakan dasar dari promosi penanaman modal. Dukungan pemerintah, konsistensi dan keterpaduan dalam regulasi merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam membangun citra positif.

Pemerintah sangat menyadari hal tersebut dan untuk itu Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Indonesia. Namun demikian, kelemahan utama dan merupakan kendala yang selalu disampaikan oleh para investor di Indonesia adalah masih adanya ketentuan pemerintah yang saling berbenturan dan belum sejalan dengan grand strategy yang telah ditetapkan sendiri oleh pemerintah.

Keterbukaan informasi tentang program kerja pemerintah dalam rangka pengembangan penanaman modal dan membangun serta memelihara hubungan baik dengan dunia usaha merupakan persyaratan dasar program promosi investasi.

Promosi penanaman modal di masa depan tidak dapat lagi dilakukan hanya dengan menawarkan kemudahan-kemudahan, tetapi harus dilakukan dengan strategi yang dapat memberikan keyakinan kepada calon investor sehingga dalam keadaan apapun mereka akan tetap memutuskan untuk melakukan investasi di Indonesia.

Dengan demikian dalam melakukan promosi investasi/penanaman modal, Pemerintah harus dapat meyakinkan para calon investor akan kecilnya resiko kalau mereka melakukan investasi di Indonesia. Untuk mencapai tingkat resiko yang dapat diterima oleh calon investor, Indonesia masih harus bekerja keras dalam banyak bidang seperti dari kondisi politik, keamanan, sosial, ketidakpastian hukum termasuk peraturan investasi dan bisnis, pelayanan birokrasi dan seterusnya.

Apabila Pemerintah mampu memperkecil resiko usaha di Indonesia, maka hal tersebut secara langsung dapat menjadi dasar pertimbangan utama dari para calon investor tanpa Pemerintah harus melakukan road show atau upaya promosi lainnya.

Untuk mencapai hal tersebut, aparatur pemerintah terkait menangani penanaman modal, baik di pusat maupun di daerah sebagai ujung tombak promosi penanaman modal wajib memahami dasar-dasar dan teknik promosi penanaman modal. Beberapa tahun terakhir, banyak sekali permintaan dan usulan dari aparatur daerah supaya dapat melaksanakan Diklat Promosi Penanaman Modal.

Ikuti Kami ...

Galeri Foto & Video

Statistik Pengunjung

Online saat ini
3
Hari ini
6
Kemarin
32
Bulan ini
1441
Tahun ini
11226
Semua hari
47652

Kurs Valuta Asing

Loading ...